menu melayang

Kamis, 30 Juni 2022

Cara Memulai Bisnis Online yang Terbaik

Cara Memulai Bisnis Online yang Terbaik
Cara Memulai Bisnis Online yang Terbaik (dok. dedydahlan.com)


Banyak sekali peluang bisnis online yang bisa dicoba ditekuni oleh seorang pemula untuk mencari penghasilan sampingan di internet, salah satunya adalah dengan cara berjualan produk secara online. Namun, kesulitan terbesar seorang pemula dalam memulai usahanya adalah bagaimana cara memulai bisnis online yang paling murah dan termudah untuk membuka usaha di internet? Bekerja sampingan secara online tidak sama persis dengan jika kerja berjualan seperti di pasar tradisional, karena mekanisme media internet adalah unik dan seseorang harus mengetahui cara kerjanya dengan baik jika ingin benar-benar mencoba berjualan di internet. 


Pemahaman yang salah tentang cara mencari uang di internet adalah jalan menuju kegagalan usaha, apapun produk yang dijualnya, mengenal cara dan teknik menjalankan usaha melalui internet secara baik merupakan satu-satunya cara agar usaha di dunia maya seorang pemula dapat bertahan dan kemungkinan untuk berkembang di masa depan.


Mengapa Harus Berbisnis Di Internet?


Internet pada beberapa tahun belakangan mengalami peningkatan dalam hal para pengguna, setiap tahun pasti ada kenaikan jumlah penggunanya. Orang memakai internet sebagai media dengan berbagai macam keperluan seperti sekedar mencari informasi, sebagai wadah silaturahmi sesama teman atau saudara, internet digunakan untuk mencari penghasilan atau mencari uang dan sebagainya. Pendeknya, internet untuk masa sekarang dan akan datang akan sangat memainkan peranan penting dalam kehidupan peradaban manusia di dunia.


Orang jaman sekarang memiliki kecenderungan lebih memilih internet jika ingin mencari informasi yang tidak didapatkannya lewat media massa lain seperti TV, radio, surat kabar atau lainnya. Internet memiliki kemudahan dalam hal aksesnya, sehingga lebih praktis dan cepat jika membutuhkan sebuah informasi yang beragam. Ini adalah salah satu kelebihan internet, belum lagi aksesnya dapat dijangkau tanpa ada batasan waktu, 24 jam sehari, 7 hari seminggu, nonstop, membuat internet menjadi kebutuhan pokok terhadap suatu informasi yang paling dibutuhkan di dunia ini. Ini adalah sebuah fakta.


Oleh sebab itu, dengan besarnya jumlah pengguna internet maka itu bisa disebut sebagai pasar potensial yang bisa dijadikan sasaran atau pasar, apapun produk yang hendak dijual. Sekarang tinggal kepekaan para pelaku usaha, termasuk para pemula yang ingin memulai bisnisnya secara online, mampu tidak untuk menangkap peluang usaha tersebut dan memanfaatkannya untuk mencari keuntungan yang halal dari mencari uang di internet yang ditekuni. Semua tergantung kepada para pelakunya.


Cara Memulai Bisnis Online Untuk Para Pemula


Inilah beberapa dasar (peraturan utama) yang umumnya harus diketahui oleh para pemula jika ingin belajar memulai usaha tanpa modal besarnya di internet, yaitu antara lain:


Pola Pikir Yang Benar


Ketahuilah bahwa jika kita akan menekuni sebuah pekerjaan sampingan di internet maka harus memiliki sebuah pola pikir (mindset) yang benar tentang cara bisnis online itu sendiri. Pola pikir yang benar itu antara lain bahwa menekuni usaha di internet membutuhkan waktu, harus ada proses pembelajaran yang harus dilewati oleh siapa saja jika ingin sukses menjalankan kerja sampingannya secara online. 


Secara umum, biasanya seorang pemula baru akan mendapatkan hasil yang menguntungkan dari internet setelah melewati masa setahun lebih. Jika seorang pemula mampu melewati tahun pertamanya dalam menekuni usaha itu maka kecenderungan untuk tetap memilih bertahan menjalankan pekerjaan sampingannya itu akan semakin besar di masa mendatang.


Fakta membuktikan bahwa dari 10 orang pemula yang baru memulai belajar bisnis online, maka hanya ada 2 orang saja yang mampu bertahan di tahun pertama dan terus menekuni kerja sampingan tersebut di tahun berikutnya. Sedangkan sisa 8 orang pemula lain, memilih menyerah dan mundur untuk melanjutkan usaha onlinenya. Kenyataan itu bisa terjadi oleh karena pola pikir yang salah tentang bagaimana seharusnya berbisnis di internet.


Belajar Kepada Orang Lain


Disarankan untuk mencari seorang mentor (guru) yang telah sukses menjalankan kerja online agar energi (sumber daya) yang dimiliki tak terbuang sia-sia. Mencari guru yang tepat adalah sebuah hal penting yang sebaiknya dilakukan oleh semua pemula jika ingin sukses kerja sampingan di internet. 


Internet bisa diibaratkan sebuah hutan belantara yang lebat, sebuah tempat di mana segala macam informasi tentang usaha jenis apapun bisa ditemukan, namun manakah dari sekian banyak informasi tentang kerja sampingan di internet tersebut yang terbaik dan sangat efektif sehingga bermanfaat buat para pemula? Oleh sebab itu, peranan seorang mentor (guru) amatlah penting, seorang guru yang baik dapat diibaratkan telah menemukan jalan termudah menembus “hutan belantara” untuk mencapai sebuah tujuan sukses dalam menekuni usaha kecil di internet. 


Beberapa Jenis Bisnis Online Yang Banyak Untungnya

Setelah memahami dengan seksama tentang cara memulai bisnis online untuk pemula dan cara menguasai teknik berjualan secara di internet, maka secara garis besar ada beberapa jenis contoh usaha modal kecil yang umumnya bisa dijalankan lewat internet, yaitu:


Jualan Produk


Seorang pemula dapat menjual produk barang atau jasa apapun lewat internet. Ada 4 jenis usaha yang dikenal dalam usaha jualan produk ini yaitu jual produk sendiri, afiliasi, reseller dan bisnis dropship. Ke-4 jenis usaha kecil tersebut memiliki mekanisme yang berbeda dalam pelaksanaannya namun tujuannya hanya satu yaitu menjual produk barang/jasa tertentu kepada orang lain. Jika tertarik bisa bergabung bersama Market Pulsa.


Membuat Blog Pribadi


Ini adalah sebuah cara memulai bisnis online pulsa yang paling populer dan banyak ditekuni oleh para pemula ketika terjun untuk mencari penghasilan tambahan lewat internet yaitu dengan membuat blog untuk bisnis atau web pribadi. Dengan membuat artikel-artikel yang bermanfaat maka akan banyak pengunjung (pencari informasi) yang membaca artikel tersebut. Keuntungan dari sebuah blog pribadi adalah memanfaatkan lalu lintas kunjungan para pembaca untuk dikonversikan menjadi uang, biasanya cara yang lazim digunakan oleh para blogger adalah menyematkan iklan di blog mereka.


Itulah beberapa kondisi yang umumnya harus diketahui oleh seorang pemula ketika mencari cara memulai bisnis online. Mungkin bahasan ini terlalu umum, namun paling tidak, penulis berharap para pembaca memiliki gambaran awal tentang cara berbisnis atau berjualan di dunia maya. Pada kesempatan berikutnya, kami akan membahas seputar cara memulai bisnis online di Facebook.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel

Format Pendaftaran Agen

FORMAT DAFTAR MASTER SILAKAN KETIK :

MASTER#NAMA#KOTA

CONTOH :

MASTER#MARKET PULSA#BOGOR

Kirim SMS ke / WHATSAPP CENTER Kami Dibawah Ini

Catatan: Jika Center lain tidak respon, silahkan ulangi transaksi Anda dan kirim Kembali ke SMS CENTER yang lain. Ketik :
CENTER
kirim ke salah satu Nomor sms center di atas untuk mengetahui Nomor SMS CENTER yang aktif.